Cara Pemeliharan Cabe Rawit



Hallo...

Ini Postingan pertama saya

Sistem pemeliharaan tanaman cabe  rawit bisa dibilang sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya maupun tenaga. Tanaman jenis ini tidak memerlukan banyak air, maka penyiraman pun bisa dilakukan apabila tanah sudah terlihat kering. Tapi harus di ingat pada musim kemarau perlu dilakukan penyiraman yang rutin karna tanah ini mudah sekali kering. Tanaman yang terlalu lama kekeringan maka akan menggangu pertumbuhannya. Salah satu cara untuk menghindari kekeringan yaitu,  dapat menggunakan mulsa plastik, yang berfungsi untuk menjaga kelembaban tanaman.

Jika anda melakukan penanaman cabe pada musim penghujan ada yang harus diingat usahakan tanaman jangan sampai tergenang air. Apabila tanaman cabe terlalu lama tergenang air, maka akar-akarnya akan mengalami pembusukan, daun-daun akan mudah sekali rontok dan akhirnya tanaman ini pun mati.

Tanaman cabe rawit sebenarnya tanaman yang tahan terhadap serangan hama, tetapi bukan berarti tanaman ini kebal samasekali terhadap hama maupun penyakit. Hama yang menyerang cabe besar juga bisa menyerang tanaman cabe rawit. Hama tersebut antara lain, aphid, lalat buah, kepik, dan lain sebagainya. Sedangkan penyakit yang bisa menyerang tanaman cabe rawit adalah patek, kerdil, keriting daun dan buah busuk. Biasanya rata-rata penyakit menyerang pada musim hujan, terutama curah hujan tinggi.

Apabila di lahan banyak gulma maka harus segera disiangi agar apa? Agar tidak menjadi pesaing bagi tanaman cabe rawit dalam mendapatkan unsur hara. Jika dalam jangka waktu lama gulma tidak segera disiangi, tanaman cabe rawit akan menjadi kurus dan kerdil.

Cabe rawit mulai berbuah biasanya setelah berumur 2,5 – 3 bulan sejak bibit ditanam. Periode panen biasanya berlangsung selama 6 bulan bahkan lebih. Umur tanaman cabe rawit bisa mencapai 24 bulan(2 Tahun). masa panen bisa berlangsung kurang lebih 15-18 kali. Semakin tua tanaman cabai maka semakin produktivitasnya semakin rendah. Maka dari itu jika tanaman sudah mengalami masa penurunan hasil panen yang cukup tinggi sebaiknya tanaman segera diganti dengan tanaman baru agar tak mempengaruhi hasil pananen.

Terima kasih sudah membaca.

Penulis: Yoga

0 Response to "Cara Pemeliharan Cabe Rawit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel