Manfaat Cabai Bagi Kesehatan


Cabai ialah tumbuhan dari ordo solanales dan juga termasuk famili solanaceae. Cabai juga merupakan buah yang memiliki rasa pedas yang sangat populer di kalangan masyarakat kita.
Cabai juga termasuk buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang luar biasa.

Cabai  sendiri biasanya digunakan sebagai bumbu masakan yang menciptakan rasa pedas dan juga nikmat. bagi penggemar makanan pedas sendiri jika makan-makanan tanpa adanya cabai tidak lah lengkap dalam suatu masakan.

Tapi apakan anda tau rasa pedas pada cabei dikarnakan oleh apa?

Nah rasa pedas pada cabai sendiri dikarnakan oleh capsaicin yang terdapat pada di biji cabai. Capsaicin pada cabai sendiri mengadung anti bakteri, anti- karsinogenik, memiliki sifat analgesik, dan anti-diabetes. Hal ini juga bisa mengurangi kadar kolesterol HDL pada orang yang berlebihan berat badan.

Macam-macam manfaat mengonsumsi cabai bagi tubuh diantaranya:

1.Mencegah kanker 

Manfaat pertama dari buah cabai, ialah dapat mencegah kanker, serta bisa menghambat perkembangan sel-sel kanker paru-paru dan pankreas.

Hal itu disebabkan karna cabai mengandung senyawa oksidan yang berguna dalam melindungi daya tahan tubuh dan menghambat perkembangan sel tumor serta kanker.

2. Mencegah penyakit jantung

Manfaat kedua dari buah cabai, ialah dapat menjaga kesehatan jantung. Serangan jantung biasanya terjadi karena penyumbatan terhadap pembuluh arteri oleh lemak jahat. Dan sumbatan tersebut mengakibatkan tekanan darah yang ada dalam jantung tidak lah sepadan dengan darah yang dikeluarkan.

cabai, sendiri dapat menghilangkan lemak jahat yang terdapat pada darah, sehingga pembuluh arteri pada jantung dapat terbuka.

Dengan terbukanya arteri pada jantung, maka akan menyebabkan jantung dapat bekerja secara normal, sehingga kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik.

3. Mencegah serangan stroke

Manfaat ketiga dari buah cabai, ialah dapat mencegah serangan stroke. Stroke ialah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik). Atau kondisi pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Ada banyak hal yang menyebabkan penyumbatan dalam darah, salah satunya ialah karena cairan darah mengandung banyak lemak jahat.

cabai, sendiri dapat menghilangkan lemak jahat yang terdapat pada darah, sehingga pembuluh arteri pada jantung dapat terbuka.

Dengan terbukanya arteri pada jantung, maka akan menyebabkan jantung dapat bekerja secara normal, sehingga kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik. sehingga bisa mengurangi penyumbatan darah yang menyebabkan stroke.

4. Mencegah tekanan darah tinggi

Manfaat keempat dari buah cabai, ialah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. cabai, bekerja secara alami dalam memperlancar peredaran darah dan memecah darah yang menggumpal yang disebabkan lemak jahat.

Cabai mengandung senyawa kimia yang baik bagi metabolisme tubuh, dimana tekanan darah tinggi dapat dikurangi dengan cara memperbaiki metabolisme tubuh.

5. Mengobati paru-paru basah (Pneumonia)

Manfaat kelima dari buah cabai, ialah untuk Penyakit paru-paru basah atau pneumonia merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, jamur, atau bakteri yang menyebabkan paru-paru meradang.

Hal ini akan mengakibatkan paru-paru memproduksi lendir yang kadang bercampur dengan darah.
cabai rawit sebagai obat herbal dalam mengatasi penyakit paru-paru merupakan hal yang paling mudah dan murah juga tepat. Pasalnya cabai memiliki kandungan zat capsaicin yang berperan dalam mengobati paru-paru basah.

Kandungan capsaicin dapat membantu melindungi paru-paru dari infeksi yang disebabkan virus atau organisme parasit dengan cara meningkatkan kinerja selaput lendir dalam tubuh.

6. Menambah nafsu makan

Manfaat keenam dari buah cabai, ialah untuk menambah nafsu makan. Dimana capsaicin pada cabai dapat merangsang produksi hormon endorprhin, sehingga sistem syaraf dalam tubuh merangsang sistem pencernaan agar meningkatkan nafsu makan.

7. Melangsingkan badan

Manfaat ketujuh dari buah cabai, ialah untuk menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan capsaicin pada cabai memiliki sifat termogenik, yang berarti meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme dalam tubuh maka lemak akan mudah sekali terbakar, sehingga badan akan menyusut.

Dimana capsaicin pada cabai bisa mengubah lemak yang disimpan menjadi lemak yang dapat dibakar untuk energi tubuh.

8. Menurunkan kolesterol

Manfaat kedelapan dari buah cabai, ialah dapat menurunkan kolesterol. Kolesterol atau lemak jahat bisa menjadi ancaman tersendiri bagi diri anda.

Pasalnya kolestrol yang tinggi dalam tubuh bisa menimbulkan resiko datangnya berbagai macam penyakit mematikan, seperti jantung ataupun stroke.

Cabai memiliki kandungan fitosterol dimana zat ini dapat membantu menurunkan kolesterol pada tubuh.

By. Yoga


0 Response to "Manfaat Cabai Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel