Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan



Manfaat Bawang Merah bagi kesehatan Bawang merah memiliki banyak kandungan yang bagus untuk kesehatan. Sayangnya setelah mengonsumsi bawang merah, terkadang bau mulut menjadi tidak sedap karnanya. Untuk menyiasatinya, gosok gigi anda agar bau menjadi hilang.

Berikut manfaat bawang merah bagi kesehatan:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat pertama bawang merah ialah membuat jantung menjadi lebih sehat. Bawang merah mampu membuka arteri yang tertutup serta mengontrol tekanan darah tinggi dalam tubuh. Inilah sebabnya, konsumsi bawang merah secara teratur mampu mencegah datangnya penyakit jantung koroner.

2. Untuk menjaga tingkat kolesterol

Manfaat kedua bawang merah ialah untuk menjaga tingkat kolesterol. Bawang merah mengandung sulfur asam amino dan methylallyl sylfida yang baik untuk mengurangi level kolesterol jahat dalam tubuh. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Mencegah perkembangan sel kanker

Manfaat ketiga bawang merah ialah Mencegah perkembangan sel kanker. Bawang merah memiliki kandungan belerang yang mampu mencegah kanker prostat serta munculnya sel kanker. Bumbu dapur yang satu ini juga dapat digunakan untuk melindungi kolon, perut, juga dada.

4. Untuk mengatasi sembelit

Manfaat keempat bawang merah ialah Untuk mengatasi sembelit. Alhasil, konsumsi bawang merah bagus dalam melancarkan pencernaan dan mampu mengatasi sembelit yang mengganggu.

5. Untuk membuat tenggorokan lebih lega

Manfaat kelima bawang merah ialah untuk melegakan tenggorokan. Bagi anda yang merasa tenggorokannya sakit, bisa membuat jus bawang merah untuk dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi jus ini, tenggorokan yang sakit karena pilek dan batuk bisa lebih terasa enakan. Untuk menambah cita rasa dari jus ini, anda bisa memasukkan madu atau gula jawa ke dalamnya agar lebih enak.

6. Untuk mengontrol diabetes

Manfaat keenam bawang merah ialah Untuk mengontrol diabetes. Salah satu manfaat flavonoid adalah untuk mengontrol diabetes.

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan jika mengkonsumsi jenis bawang ini bagus dalam meningkatkan produksi insulin serta membantu mengontrol berat badan yang berhubungan dengan penyakit diabetes. Ada sifat tertentu dari bawang merah yang bagus untuk merangsang sekresi insulin yang berguna dalam menurunkan respon inflamasi terkait dengan penyakit gula ini.

7. Detoksifikasi

Manfaat ketujuh bawang merah ialah untuk Detoksifikasi. Konsumsi bawang merah bisa meningkatkan sirkulasi darah yang berperan penting dalam membuang racun dalam aliran darah. Dengan ini, bawang merah menjadi salah satu cara membuang racun dari aliran darah dan membantu terjadinya proses detoksifikasi. Manfaat bawang merah yang juga tak bisa diremehkan adalah mampu menstimulasi enzim pencernaan dalam tubuh.

8. Untuk meningkatkan sistem imunitas

Manfaat kedelapan bawang merah ialah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang merah juga memiliki efek antioksidan yang berperan dalam melawan penyakit serta infeksi. Beberapa penyakit yang dimaksud antara lain ialah flu, demam, bronkitis dan pilek.

9. Untuk meningkatkan kesehatan otak

Manfaat kesembilan bawang merah ialah Untuk meningkatkan kesehatan otak. Alasan kenapa bawang merah bisa meningkatkan kesehatan otak karena kandungan folatnya. Folat merupakan satu dari 8 vitamin B yang berkontribusi dalam kesehatan mental dan emosional. Kandungan sehat ini juga baik untuk melindungi RNA dan DNA yang terdapat di dalam tubuh.

Bawang merah memiliki nutrisi penting lainnya yaitu zat besi. Zat ini juga baik bagi fungsi otak. Terdapat juga senyawa lain berupa pyithione yang berperan dalam melawan peradangan otak serta meningkatkan neurologis. Sifat anti radang yang terdapat didalam bawang merah juga baik untuk mencegah datangnya alzheimer serta menenangkan saraf serta mengobati iritasi pada saraf.

10. Bagus untuk meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat kesepuluh bawang merah ialah bagus untuk meningkatkan kesehatan tulang. Wanita pra dan pascamenopause bisa mengonsumsi bawang merah untuk meningkatkan kepadatan tulangnya.

Anda yang mengonsumsi bumbu dapur ini sekali dalam sehari atau lebihpun dapat memberikan efek kepadatan pada tulang lebih besar daripada yang tidak mengonsumsinya. Manfaat bawang merah juga bagus dalam membantu mencegah osteoporosis serta meningkatkan kesehatan gigi.

Manfaat bawang merah memang tidak perlu diragukan lagi. Sayangnya banyak orang yang tidak menyukai bawang merah dalam keadaan mentah lantaran rasa dan aromanya yang tidak sedap. Untuk itu, anda bisa menyiasatinya dengan memasukkan bawang merah ke dalam roti lapis, salad sayur, ataupun pecel juga urap.




By. Yoga

0 Response to "Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel