Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan



Manfaat Bawang Bombay bagi kesehatan

Sebelum kalian mengetahui manfaat bawang bombay, yang perlu kalian ketahui dari bawang bombay merupakan makanan rendah kalori yang kaya akan antioksidan, mineral dan vitamin.

Sekitar 10 % dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B6, dan mangan dapat diperoleh dari mengonsumsi bawang bombay. Selain itu, Bawang bombay ini juga banyak mengandung magnesium, folat, fosfor, kalium, sulfur, zat besi, antioksidan kuersetin, dan kalsium.

Zat-zat yang terkandung pada bawang bombay menjadikan bahan makanan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat bawang bombay yang sering dijadikan bahan untuk berbagai upaya pengobatan ialah.

Berikut manfaat bawang bombay yang bisa kalian dapat ketahui:

1. Membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat

Manfaat pertama dari bawang bombay ialah untuk Membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Karana kandungan antioksidan kuersetin pada bawang bombay ternyata mampu membuat sistem kekebalan tubuh akan lebih kuat dalam melawan radikal bebas. Anda pun bisa mengonsumsinya secara langsung atau sudah tercampur dalam sajian sup.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kedua dari bawang bombay ialah untuk Menjaga kesehatan jantung. Bawang bombay memiliki beberapa manfaat sangat baik bagi kesehatan diantaranya untuk kesahatan jantung dan memperlancar peredaran darah di dalam pembuluh darah. Selain itu, Khasiat bawang bombay juga dapat dipercaya untuk menjaga tekanan darah, hingga menurunkan risiko terjadinya serangan jantung.

Hal ini di karena adanya kandungan kalium dalam bawang bombay yang memiliki efek penurun tekanan darah. Kuersetin, salah satu jenis flavonoid dalam bawang bombay juga membantu kalium menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Kandungan kuersetin dalam bawang bombay ini dapat membantu mencegah penumpukan plak di arteri, yang mengurangi risiko stroke.

3. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Manfaat ketiga dari bawang bombay ialah untuk Meningkatkan pertumbuhan rambut. di dalam sebuah study mengatakan, bahwa bila mengosokan dan mengoleskan hingga merata jus bawang bombay ke bagian kepala selama setidaknya kurang lebih 2 bulan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada pengidap rambut rontok.

4. Menurunkan kadar gula darah 

Manfaat keempat dari bawang bombay ialah untuk Menurunkan kadar gula darah. Bagi para pengidap diabetes yang ingin menurunkan kadar gula dalam darah, sebaiknya Anda mencoba mengonsumsi bawang bombay tiga kali sehari dalam setiap makanan Anda selama 2 bulan. Meski begitu, temuan terkait hal belum didukung bukti ilmiah yang cukup.

5. Mengatasi terjadinya kanker

Manfaat kelima dari bawang bombay ialah untuk Mengatasi terjadinya kanker. Dengan kandungan vitamin C yang sangat banyak ini, bawang bombay dipercaya dapat membantu mengatasi radikal bebas penyebab kanker. Sebuah penelitian mengungkapkan, bawang bombay membantu mengurang terjadinya resistensi insulin dan hiperglikemia pada pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi.
6. Menjaga tekanan darah

Manfaat keenam dari bawang bombay ialah untuk Menjaga tekanan darah. Bagi yang pengidap tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat, mengonsumsi produk yang mengandung bawang bombay ini dan bahan lain seperti vitamin E dan C. dengan mengonsumsinya selama 1 minggu ini dapat membantu menurunkan tekanan darah atas (sistolik), tapi bukan tekanan darah diastolik (bawah).

7. Mengatasi masalah tenggorokan 

Manfaat ketujuh dari bawang bombay ialah untuk Mengatasi masalah tenggorokan. Beberapa orang menggatakan bahwa bawang bombay memiliki kemampuan mengatasi sakit perut, bronkitis, pembengkakan pada mulut dan tenggorokan. Selain itu, mengonsumsi bawang bombay juga diklaim dapat menurunkan risiko terjadinya beberapa jenis kanker.

Selain itu, kandungan kuersetin yang ditemukan pada bawang bombay dipercaya mampu mengendurkan otot saluran napas sehingga sangat membantu untuk mengurangi gejala asma.

8. Meningkatkan sistem pencernaan

Manfaat kedelapan dari bawang bombay ialah untuk Meningkatkan sistem pencernaan. Serat di dalam bawang bombay dapat membuat kerja sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Bawang bombay mengandung jenis serat khusus, yakni serat larut yang disebut dengan oligofructose. Serat ini dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Kandungan Oligofructose ini sangat dibutuhkan untuk membantu mencegah dan mengobati diare. Sementara itu, fitokimia dalam bawang yang juga bisa mengurangi risiko berkembang biaknya tukak lambung.

9. Memperbaiki mood

Manfaat kesembilan dari bawang bombay ialah untuk Memperbaiki mood. Manfaat bawang bombai juga dapat membantu menghadirkan mood positif. Itu karena kandungan pada bawang bombay yang dapat mencegah kelebihan homosistein yang dapat mengganggu produksi hormon pencipta rasa nyaman, yaitu serotonin, norepinefrin, dan dopamin. Ketiga jenis hormon tersebut baik untuk membantu kecukupan istirahat dan lagi kandungan folat yang ada dalam bawang bombay juga dipercaya membantu mengurangi depresi.

10. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Manfaat kesepuluh dari bawang bombay ialah untuk Menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kandungan vitamin C pada bawang bombay juga dapat dipercaya untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Sedangkan kandungan folatnya dapat membantu meringankan depresi dengan mencegah kelebihan homosistein yang terbentuk dalam tubuh. Homosistein ini dapat menghambat aliran darah dan nutrisi ke otak.

11. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat kesebelas dari bawang bombay ialah untuk Menjaga kesehatan tulang. Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi bawang bombay setiap hari bisa meningkatkan kepadatan tulang pada wanita yang sedang mengalami atau telah menyelesaikan menopause.



By. Yoga


0 Response to "Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel