Manfaat Pala Bagi Kesehatan


Manfaat pala bagi kesehatan

Biji pala adalah biji dari tanaman pala (Myristica fragrans) yang banyak terdapat di wilayah-wilayah tropis di seluruh dunia. Meskipun ukurannya kecil, tapi kandungan nutrisi dalam pala sangat menakjubkan dan berlimpahnya manfaat biji pala bagi kesehatan maupun kecantikan.

Biji pala digunakan sebagai rempah dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Menambahkan sedikit saja akan menambah aroma dan meningkatkan cita rasa dari sebuah masakan. Rempah ini biasanya tersedia dalam bentuk utuh ataupun sudah dijadikan bubuk untuk keperluan masak, dan juga dalam bentuk minyak esensial untuk beragam kegunaan.

Sejumlah kandungan bermanfaat di dalamnya antara lain adalah potasium, zat besi, mangan, tiamin, folat, magnesium, tembaga, dan vitamin termasuk B1, B6, dan lain-lain. Biji pala juga kaya akan kandungan karminatif, stimulan, antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, antispasmodik, psikoaktif, dan afrodisiak. Semuanya ini memungkinkan tersedianya beragam manfaat biji pala bagi kesehatan. 

Biji pala juga sangat gampang digunakan untuk pengobatan alami. Berikut manfaat pala bagi kesehatan.

1. Mengatasi Depresi dan Kecemasan

Manfaat pertama dari pala ialah untuk Mengatasi Depresi dan rasa cemasan. Kalau Anda menderita kecemasan atau depresi, cobalah bantu atasi dengan biji pala. Senyawa myristicin dan elemicin di dalamnya memberikan efek penenang dan anti-kecemasan ringan dengan mengaktifkan neurotransmitter serotonin serta dopamin di dalam otak. Hal ini juga membantu tubuh dan pikiran mengatasi stres yang terjadi.

2. Meningkatkan Kekuatan Otak

Manfaat kedua dari pala ialah untuk Meningkatkan Kekuatan Otak. Biji pala sangat bermanfaat untuk menjaga ketajaman pikiran dan meningkatkan kesehatan otak. Bahkan peradaban Romawi dan Yunani kuno telah menggunakan pala sebagai minuman tonik untuk otak.

Senyawa bernama myristicin di dalam pala mempu memperbaiki daya ingat dengan cara merangsang saraf-saraf di dalam otak. Pala juga memperbaiki kemampuan konsentrasi dan fokus. Selain itu, pala juga menghambat enzim yang dapat memicu penyakit Alzheimer.

3. Mengatasi Insomnia 

Manfaat ketiga dari pala ialah untuk Mengatasi Insomnia. Kalau Anda sulit tidur malam, ada manfaat pala untuk membuat Anda tidur lebih nyenyak. Kemampuan menenangkan yang dipunyainya berfungsi sebagai obat tidur alami. Selain itu, rempah ini kaya akan magnesium yang membantu mengurangi tegang pada saraf. Magnesium juga merangsang pelepasan serotonin, sehingga menciptakan perasaan rileks atau tenang.

4. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Manfaat keempat dari pala ialah untuk Meredakan Nyeri Sendi dan Otot. Biji pala mengandung banyak minyak atsiri esensial yang memiliki sifat anti-inflamasi, seperti myristicin, elemicin, dan eugenol. Hal ini membuatnya bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi dan otot.

5. Mengobati Jerawat

Manfaat kelima dari pala ialah untuk Mengobati Jerawat. Ada juga manfaat pala untuk menyembuhkan jerawat, salah satu masalah kulit yang menyebalkan. Kemampuan antioksidan alaminya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, yang penting dalam menjaga kulit bebas dari jerawat.

Biji pala juga dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit akibat jerawat. Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk menyamarkan luka bekas jerawat.

6. Melancarkan Pencernaan

Manfaat keenam dari pala ialah untuk Melancarkan Pencernaan. Biji pala juga bagus untuk sistem pencernaan. Manfaat biji pala baik untuk meringankan mual, muntah, gangguan pencernaan, kembung, gas, diare, dan juga gejala-gejala penyakit Crohn. Pala membantu meningkatkan sekresi cairan lambung dan usus, sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

7. Mencegah Kerusakan dan Lubang Gigi

Manfaat ketujuh dari pala ialah untuk Mencegah Kerusakan dan Lubang Gigi. Tersedia juga manfaat pala bagi kesehatan mulut. Karena memiliki sifat anti-bakteri, biji pala mampu secara efektif membunuh bakteri berbahaya di dalam mulut untuk membantu mencegah kerusakan dan lubang pada gigi.

Pala juga efektif mencegah dan mengatasi bau mulut, yang biasanya disebabkan oleh penumpukan bakteri di dalam mulut.

8. Mengoptimalkan Kekebalan Tubuh

Manfaat kedelapan dari pala ialah untuk Mengoptimalkan Kekebalan Tubuh. Biji pala bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan mineral serta vitamin di dalamnya yang memperkuat manfaat antioksidannya. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang melemahkan kekebalan tubuh.

Biji pala juga kaya akan potasium, zat besi, dan mangan yang berperan penting dalam memperbaiki kekebalan tubuh.

 9. Membantu Detoksifikasi

Manfaat kesembilan dari pala ialah untuk Membantu Detoksifikasi. Detoksifikasi yang baik dibutuhkan oleh tubuh. Untuk membantu detoksifikasi dan meningkatkan fungsi liver, Anda bisa menggunakan manfaat biji pala untuk membantu membersihkan liver dan ginjal dari racun sekaligus menguatkan fungsinya. 

Biji pala juga kaya akan antioksidan yang membantu mengaktifkan enzim-enzim dalam liver untuk menyingkirkan racun-racun. Juga, kandugnan mangnesium di dalamnya dibutuhkan untuk detoksifikasi sel-sel. Pala juga membantu mendetoksifikasi logam dari dalam tubuh.

10. Memperbaiki Libido Pria

Manfaat kesepuluh dari pala ialah untuk Memperbaiki Libido Pria. Biji pala dianggap sebagai salah satu rempah yang bersifat afrodisiak. Berkat kemampuan vasodilator dan melenturkan ototnya, senyawa eugenol dalam pala bertanggung jawab atas sejumlah efek afrodisiaknya. Bukan hanya itu, kandungan magnesium dan potasium juga merupakan dua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk produksi hormon seks.

Walaupun begitu beragam manfaat pala bagi kesehatan, Anda dianjurkan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya. Jika kelebihan mengkonsumsi biji pala dapat menimbulkan efek psikoaktif dan memicu masalah seperti perasaan resah, halusinasi, dan keracunan.

Selain itu waspadai juga efek samping mual, muntah, diare, detak jantung tak beraturan, pusing, dan mulut kering akibat kelebihan dosis biji pala. Karena itu agar bisa menikmati manfat biji pala tanpa khawatir dengan efek sampingnya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya tidak lebih dari ½ sendok teh dalam sehari.




By. Yoga

0 Response to "Manfaat Pala Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel